Yuk, Membuat Kalimat dari Kata Sifat! | Bahasa Indonesia Kelas 5 - aslisunda.com

Trending 1 week ago

Membuat Kalimat dari Kata Sifat

Lulu dan Puti sukses membikin kalimat dari kata sifat “jenaka” dan “dermawan”. Penasaran gimana langkah membikin kalimat dari kata sifat? Yuk, baca ceritanya!

Sore itu, Lulu dan Puti sedang membuka KBBI untuk mencari kata sifat.

“Waaah! Ternyata kata sifat jumlahnya banyak banget, ya.” celetuk Puti dengan mata berbinar.

Kemudian raut wajahnya berubah bingung, “Tapi, gimana sih penggunaan kata sifat itu, Lu?”

“Kata sifat itu bisa untuk mendeskripsikan sesuatu, Put. Supaya lebih jelas, coba kita buat kalimat dengan kata sifat, yuk!” ajak Lulu.

Puti langsung antusias, “Ayo, ayo! Kita pakai contoh kata sifat ‘jenaka’ dan ‘dermawan’ aja, gimana?”

“Boleh, Put! Tapi, sebelum membikin kalimat dari kata sifat, kita kudu tau dulu nih makna dari kata sifat nan bakal kita gunakan.” ucap Lulu.

“Oh, oke! Yuk, kita cari artinya!” ajak Puti sembari membalikkan laman KBBI. 

“Nah, ini Put, arti kata ‘jenaka’ dan ‘dermawan’!” seru Lulu.

Mencari Arti Kata Sifat

“Sekarang, tinggal kita buat kalimat nan sesuai dengan makna katanya. Aku mulai dari kata sifat ‘jenaka’, ya.” kata Lulu semakin antusias.

“Teman kita nan punya sifat jenaka alias lucu kan Made. Jadi, saya mau buat kalimatnya kayak gini, ‘Made adalah temanku nan sangat jenaka.’. Kita cek kalimatnya, yuk! Udah sesuai sama makna katanya belum, ya?”

Baca juga: Pengertian Kata Sifat & Contohnya

“Hmmm, kayaknya sih udah. Arti dari kata ‘jenaka’ itu kan lucu, dan kata sifat ini sesuai dengan sifat Made juga.” jawab Puti.

“Berarti, sekarang giliran saya nan buat kalimat dari kata ‘dermawan’. Kalimatnya saya bikin kayak gini, ‘Dafa mempunyai wajah nan dermawan.’. Coba Anda cek Lu, kalimatnya udah sesuai sama makna katanya belum?” pinta Puti.

“Kalimatnya belum sesuai, Put. Ingat ya, saat membikin kalimat dari kata sifat, kita kudu sesuaikan dengan makna katanya.” balas Lulu.

Membuat Kalimat

“Astagaaa! Iya, ya! Dermawan kan artinya orang nan suka beramal. Jadi, nggak tepat jika dikatakan Dafa mempunyai wajah nan suka beramal. Hehehe. Bentar… bentar.. Aku perbaiki kalimatnya jadi gini deh, ‘Dafa adalah anak nan murah hati lantaran suka berbagi.’.”

Baca juga: Cara Mengembangkan Gagasan Menjadi Kalimat

“Nah! Bagus, Put! Kalimatnya udah tepat! Antara kalimat nan dibuat dengan makna dari kata sifatnya sudah sesuai.” ujar Lulu sembari mengacungkan jempolnya ke arah Puti.

Memastikan Kalimat Sesuai Arti

“Yeayyyy! Kita sukses membikin kalimat dari kata sifat ‘jenaka’ dan ‘dermawan’.” ucap Puti sembari tersenyum.

“Iya! Jangan lupa ya, jika mau menulis kalimat dari kata sifat, kita kudu mencari makna dari kata sifatnya terlebih dahulu. Baru deh, kita tuliskan kalimat nan sesuai dengan makna dari kata sifatnya.” kata Lulu mengingatkan.

“Okeee, Lu! Kita buat kalimat dari kata sifat nan lain, yuk!” ajak Puti semakin bersemangat.

“Put, kita ajak teman-teman juga, yuk! Kita buat kalimat dari kata sifat “Teliti” dan “Ceroboh”. Tulis kalimatnya di kolom komentar, ya!”

Gimana? Tertarik belajar materinya lebih lanjut? Ayo, ikuti petualangan seru Lulu, Puti, dan teman-teman lainnya di ruangbelajar!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Afny Irfani

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Source ruangguru.com
ruangguru.com