Cara Membuat Konten YouTube untuk Pemula [Bonus Ide] - aslisunda.com

Trending 2 months ago

Bosan menjadi penonton YouTube dan mau video Anda ditonton juga? Barangkali, inilah saatnya Anda mengetahui rahasia cara membikin konten YouTube nan menghasilkan uang.

Dengan YouTube, Anda bisa membikin dan berbagi video dengan jutaan orang di seluruh dunia, dan apalagi mendapat penghasilan. Namun jika mau menjadi YouTuber sukses, Anda perlu membikin konten nan menarik dan berkualitas.

Dalam tulisan ini, kami bakal membahas langkah membikin konten YouTube untuk pemula. Kami juga bakal memberikan beberapa buahpikiran konten nan bisa Anda coba. Tak usah berlama-lama lagi, yuk meluncur ke bawah!

CTA banner web hosting

Cara Membuat Konten YouTube untuk Pemula

Ini dia langkah membikin konten YouTube nan menarik untuk pemula:

1. Tentukan Ide Channel YouTube

Langkah pertama dalam langkah membikin konten YouTube untuk pemula adalah menentukan buahpikiran alias tema untuk channel YouTube Anda.

Pikirkan tentang apa nan Anda sukai dan apa nan mau Anda bagikan ke sasaran audiens. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan buahpikiran channel YouTube:

  • Pilih topik nan Anda sukai dan Anda kuasai.
  • Pilih topik nan relevan dengan audiens Anda.
  • Pilih topik nan belum banyak dibahas oleh YouTuber lain.

Ada banyak pilihan buahpikiran channel YouTube nan bisa Anda pertimbangkan, misalnya: travel vlog, kuliner, gaming, beauty dan makeup, musik, hingga edukasi.

Pilihlah niche Anda dengan berhati-hati, lantaran ini bakal mempengaruhi keseluruhan buahpikiran konten Anda dalam jangka panjang. Pastikan juga buahpikiran channel YouTube Anda mempunyai daya tarik dan relevansi untuk calon penonton Anda.

2. Buat Akun Channel YouTube

Cara bikin video di YouTube berikutnya, buat akun YouTube Anda. Anda dapat menggunakan akun Google nan sudah ada ataupun membikin nan baru. 

Lengkapnya, ini dia cara membikin channel YouTube:

  1. Masuk alias buat akun Google.
  2. Buka aplikasi YouTube alias website https://www.youtube.com/.
  3. Klik foto profil Anda, tekan tombol Buat Channel.
  4. Ikuti petunjuk untuk membikin channel.
  5. Periksa info detailnya, lampau konfirmasi agar channel segera dibuat.

Jangan lupa, pilihlah nama nan sesuai dengan konten Anda dan lengkapi profil channel Anda dengan penjelasan nan informatif, serta logo alias gambar profil nan menarik.

Kalau channel YouTube Anda ditujukan untuk bisnis, silakan pelajari juga YouTube Marketing agar channel makin efektif.

3. Rencanakan Ide Konten YouTube

Ketika Anda sudah mempunyai channel YouTube, langkah selanjutnya adalah merencanakan buahpikiran konten. 

Mulailah dengan membikin daftar topik dan titel video yang mau Anda produksi. Ini bakal membantu Anda menjaga konsistensi dalam mengunggah video ke aplikasi YouTube.

Nah agar video Anda relevan dengan tren alias kebutuhan sasaran audiens, lakukanlah riset keyword YouTube. Menggunakan keyword nan tepat, video Anda bakal lebih mudah ditemukan penonton potensial.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan storyboard. Sebab, ini bakal memudahkan Anda merencanakan dengan lebih perincian gimana video Anda bakal disusun.

4. Rekam dan Edit Video

Setelah merencanakan konten, saatnya untuk merekam video Anda. Gunakan perangkat nan Anda miliki, seperti kamera ponsel alias kamera digital.

Pastikan sinar dan bunyi bagus agar video terlihat dan terdengar profesional. Setelah merekam, Anda dapat menggunakan aplikasi edit video seperti Filmora, YouTube Online Video Editor, dan Adobe Premiere Pro. 

5. Unggah Konten ke YouTube

Selesai mengedit video, Anda sudah siap mengunggah video ke aplikasi YouTube.

Saat mengunggah, upayakan SEO YouTube agar konten Anda makin mudah temukan. Mulai dari membikin titel nan menarik, penjelasan nan informatif, dan menggunakan tag nan relevan.

6. Optimalkan Performa Video

Cara membikin konten YouTube nan terakhir, optimalkan performa video Anda. Promosikan video YouTube Anda di media sosial, tanggapi komentar dan masukan dari viewer dengan positif, serta kajian statistik video Anda.

Jangan lupa, jika Anda mau menghasilkan duit dari YouTube, Anda dapat mengaktifkan monetisasi melalui YouTube Dashboard Monetisasi.

Dengan konsistensi dan perbaikan terus menerus, Anda bisamembangun channel YouTube nan berkembang dan sukses.

5 Ide Konten Youtube nan Menarik untuk Pemula

Setelah mengetahui langkah membikin konten YouTube untuk pemula, waktunya mencoba buahpikiran konten YouTube ini untuk bisa memikat sasaran audiens Anda.

1. Daily & Travel Vlog

ide konten YouTube vlog Jessica Jane

Salah satu buahpikiran konten YouTube nan paling mudah ialah membuat vlog. Ada beberapa jenis vlog, di antaranya ialah daily dan travel vlog.

Daily vlog merupakan video nan menampilkan keseharian seorang YouTuber. Mulai dari rutinitas, hubungan sosial, dan momen menarik dalam keseharian.

Sementara itu, travel vlog adalah video nan menampilkan pengalaman perjalanan YouTuber ke beragam destinasi, termasuk eksplorasi tempat-tempat menarik, makanan unik daerah, budaya, dan petualangan seru lainnya.

Contoh YouTuber nan sukses dengan konten vlog ada Jessica Jane, Ria SW, dan Jerome Polin.

2. Review & Unboxing

cara membikin konten YouTube review (GadgetIn)

Ide konten review dan unboxing adalah jenis konten nan terkenal di YouTube. Konten ini menampilkan ulasan alias unboxing produk tertentu. Lalu, apa sih bedanya?

Review adalah konten nan memberikan penilaian terhadap produk alias jasa tertentu. Sedangkan unnboxing ialah konten nan menampilkan pengalaman membuka paket produk nan baru dibeli. 

Biasanya, review dan unboxing dilakukan dalam video nan sama. Contoh YouTuber dengan konsentrasi konten ini misalnya GadgetIn, Mamank Kuliner, dan Pebbi Lieyanti.

3. Wawancara

cara membikin konten YouTube untuk pemula (Maudy Ayunda)

Pada buahpikiran konten wawancara, Anda perlu mengundang tamu alias subjek tertentu untuk diwawancarai dalam video alias podcast. Bisa tokoh populer, mahir di bagian tertentu, alias siapapun dengan pengetahuan nan menarik.

Beberapa YouTuber nan terkenal dengan jenis konten ini ialah Maudy Ayunda, Deddy Corbuzier, dan Denny Sumargo.

4. Gaming

ide konten YouTube gaming RRQ Lemon

Selanjutnya, konten gaming. Seperti namanya, buahpikiran konten ini berangkaian dengan video game. Baik itu gameplay, review, maupun tips dan trik.

Video-game telah menjadi salah satu aliran nan sangat terkenal di YouTube lantaran banyak orang menikmati menonton gamer favorit mereka, mendapatkan tips dan trik, alias hanya bersenang-senang memandang reaksi si gamer.

5. Tutorial

Channel YouTube Niagahoster

Ide konten tutorial mengharuskan untuk memberikan pedoman tentang suatu topik. Bisa langkah menggunakan teknologi tertentu, memasak, membikin peralatan DIY, dan banyak lagi.

Contoh channel tutorial nan terkenal misalnya Niagahoster Channel, Sandhika Galih, dan Devina Hermawan. 

Yuk Buat Konten YouTube Anda Sekarang Juga!

YouTube adalah platform nan sangat potensial untuk menghasilkan duit dan menjangkau audiens nan luas. Namun, untuk menjadi YouTuber nan sukses, Anda perlu membikin konten YouTube nan menarik dan berkualitas.

Sekarang, Anda sudah mengetahui kunci tips untuk membikin konten YouTube. Sebagai pengingat, ini dia langkah membikin konten YouTube untuk pemula.

  1. Tentukan buahpikiran channel YouTube
  2. Buat akun channel YouTube
  3. Rencanakan buahpikiran konten YouTube
  4. Rekam dan edit video
  5. Upload konten ke YouTube
  6. Optimalkan performa video

Selain itu, dongkrak channel YouTube Anda dengan beragam buahpikiran konten nan menarik. Vlogging, video review, beauty dan makeup, gaming, hingga tutorial hanyalah beberapa contohnya.

Dengan mengikuti pedoman ini, Anda bisa memulai karir sebagai YouTuber. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengasah produktivitas untuk membikin konten nan lebih menarik dan berkualitas.

Selamat mencoba!

Source niagahoster.co.id
niagahoster.co.id