Cara Membuat Kardus Packing yang Mudah dan Sederhana

Trending 10 months ago

Sebagai pemilik upaya nan sering melakukan pengiriman peralatan setiap harinya, langkah membikin kardus packing adalah seumpama salah satu pengetahuan nan sifatnya wajib dimiliki oleh setiap pemilik upaya lantaran bisa memberikan untung bagi usahamu sendiri lho.

Pemilik upaya mana sih nan tidak mau menghemat anggaran sehingga untung kembali modal pun tidak berkurang banyak? Yap, untung alias keuntungan dari penjualan tentu tidak semuanya masuk ke dalam “dompet” usahamu, tetapi juga dikeluarkan kembali untuk hal-hal nan mengenai dengan usaha, misalnya seperti packing.

Cara membikin kardus packing adalah salah satu langkah irit nan sangat mungkin dilakukan, apalagi Anda pemilik upaya rumahan. Dengan bahan nan mudah ditemukan di lingkungan rumah serta perangkat nan diperlukan tidak terlalu ribet dan seadanya saja, Anda bisa mengurangi anggaran packing untuk usahamu.

Nah, mau tahu langkah-langkah dalam langkah membikin kardus packing itu seperti apa beserta keuntungannya? Yuk, simak tulisan ini sampai lenyap jika Anda mau tahu langkah membikin kardus packing nan mudah dan sederhana, cocok untuk pebisnis rumahan!

Cara membikin kardus packing Cara membikin kardus packing. (123rf)

Pentingnya Memperhatikan Packing Sebelum Pengiriman Paket

Dalam rangkaian jual-beli barang, terutama nan sedang tren saat ini ialah secara online, pengiriman adalah aspek terpenting nan patut jadi perhatian setiap pemilik usaha. Bayangin deh jika peralatan nan diterima oleh pembeli datang dalam keadaan nan rusak lantaran packing nan tidak dapat melindungi isi paket. 

Kalau perihal itu terjadi, nan ada malah pembeli tersebut tidak puas dan berhujung dengan pemberian ulasan negatif di toko Anda tentang pelayanan nan jelek dan tidak aman. Wah, bisa-bisa reputasi tokomu bakal turun dan mempunyai akibat dihentikan sementara untuk beraksi oleh e-commerce tempat Anda berjualan. Oleh lantaran itu, langkah packing patut juga diperhatikan sebelum paketmu betul-betul terkirim ke alamat tujuan penerima. Terlebih,  jika Anda memutuskan untuk menggunakan kardus untuk packing, Anda kudu tahu langkah membikin kardus packing nan tidak hanya kondusif melindungi isi paket, tetapi juga tahan bakal kerusakan nan mungkin terjadi selama proses pengiriman. 

Langkah-langkah dalam langkah membikin kardus packing bisa dipelajari oleh siapa pun kok. Namun, meskipun langkah membikin kardus packing bisa dilakukan oleh siapa saja lantaran langkah-langkahnya nan bisa dibilang sederhana, namun tetap saja ada akibat nan kudu dipertimbangkan pula! 

Cara membikin kardus packing Cara membikin kardus packing. (shutterstock)

Kelebihan Kardus untuk Packing

Sebelum Anda tahu langkah membikin kardus packing, Anda perlu tahu juga kelebihan dalam penggunaan kardus untuk packing paket. Berikut adalah beberapa kelebihan kardus untuk dijadikan untuk mengemas peralatan kiriman untuk usahamu!

1. Dapat menghemat anggaran untuk packing

Kardus adalah material nan murah dan mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar rumah, misalnya kardus jejak bungkusan makanan alias minuman. Kamu juga bisa membelinya dengan nilai nan relatif ramah di kantong di pengepul barang-barang loak dalam jumlah nan banyak.

Eits, tidak hanya itu, sekarang toko-toko nan menjual kebutuhan pengemasan pun juga menjual kardus unik untuk packing dengan ukuran nan berbeda-beda sesuai kebutuhanmu. Kardus nan dijual ini juga relatif murah dibawah dengan kisaran nilai dari Rp1.000 hingga Rp20.000.

Karena harganya nan bisa menghemat anggaran packing, Anda makin tertarik untuk tahu langkah membikin kardus packing tidak?

Baca jugaMacam-Macam Jasa Pengiriman Barang dan Jenisnya

2. Fleksibel dalam pengemasan

Barang nan Anda kirimkan mempunyai ukuran kecil? Besar? Atau hanya sedang-sedang saja? Kardus menawarkanmu elastisitas dalam pengemasan peralatan jualanmu. Pasalnya, kardus juga adalah material nan sangat ringan dan mudah dilipat sesuai dengan keinginan. Hal ini nan membikin langkah membikin kardus packing itu mudah dilakukan.

Nah, ukurannya nan ringan tidak hanya memudahkan dalam langkah membikin kardus packing lho. Kamu bisa lebih irit lantaran ukuran kardus nan ringan ketika ditimbang pada saat melakukan pengiriman di penyedia jasa ekspedisi. Kalau mau mengirimkan peralatan dalam jumlah  besar pun Anda tidak perlu khawatir. Kardus juga bisa menampung volume peralatan nan besar. 

3. Aman sampai tangan pelanggan, kondusif juga untuk lingkungan

Pada umumnya, kardus jejak makanan alias minuman mempunyai bagian dalam nan bergelombang alias biasa disebut juga dengan flute. Nah, kardus juga memilki faedah ergonomis juga, ialah sebagai alas nan bisa melindungi isi paket di dalam dengan benturan-benturan nan disebabkan oleh hal-hal di luar kardus. 

Hal ini nan menjadi untung jika mengetahui langkah membikin kardus packing. Bagian kardus tersebut bisa meminimalisir adanya kecacatan alias kerusakan pada isi paketmu. Namun, ada perihal lain juga nan membikin pebisnis wajib tahu langkah membikin kardus packing lho. Kardus adalah material nan bisa terurai secara alami dan didaur ulang. Makanya, Anda wajib belajar langkah membikin kardus packing jika mengaku peduli terhadap lingkungan!

Cara membikin kardus packing Cara membikin kardus packing. (pexels)

Cara Membuat Kardus Packing untuk Pemilik Usaha

Langkah pertama dalam langkah membikin kardus packing tentu aja dimulai dengan persiapan perangkat dan bahan. Tidak perlu peralatan nan banyak kok, perangkat dan bahan seadanya di rumahmu bukan masalah!

Bahan:

  • Barang/paket nan bakal dikemas
  • Kardus, ukurannya nan disesuaikan dengan kebutuhan
  • Kertas putih
  • Kresek hitam

Alat:

  • Isolasi/lakban hitam/coklat dan bening
  • Gunting alias cutter
  • Penggaris
  • Bubble wrap

Baca jugaBegini Cara Membuat Format Pengiriman Paket nan Benar 

Gampang kan untuk dicari di rumah? Yuk, tanpa basa-basi lagi simak langkah membikin kardus packing di bawah ini! Perlu dicatat bahwa tutorial adalah gambaran umum saja, Anda bisa menyesuaikan corak dan ukuran peralatan sesuai dengan kebutuhan ya!

  1. Pastikan Anda telah mencetak resi alias menulis keterangan komplit info pengirim, mulai dari nama, alamat lengkap, nomor handphone penerima dan juga rincian info pengirim pada kertas putih terlebih dahulu.
  2. Untuk memulai packing dari kardus, pertama pastikan kardus nan Anda gunakan sesuai dengan ukuran barang.
  3. Rekatkan sisi-sisi kardus dengan menggunakan lakban coklat.
  4. Masukkan peralatan ke dalam kerdus. Pastikan jangan ada ruang kosong dalam kardus tersebut agar peralatan tidak terbanting di dalam. Selain itu, pada pengukuran ekspedisi juga volume bakal dihitung, jadi bakal sayang jika isi dalam kerdus tidak penuh.
  5. Kalau sudah, tutup dan rekatkan dengan menggunakan lakban coklat secara menyeluruh hingga menutupi semua permukaan kardus.
  6. Karena kardus material nan mudah basah, Anda juga bisa menambahkan ekstra pengemasan dengan kresek hitam sebagai opsi lain dalam langkah membikin kardus packing.
  7. Setelah itu, langkah dalam langkah membikin kardus packing nan terakhir adalah tempel kertas alias resi pengiriman dengan menggunakan lakban cerah di permukaan atas kardus.
  8. Paketmu siap dikirim deh ke pemasok ekspedisi!

Itulah langkah membikin kardus packing nan mudah dan sederhana nan bisa Anda lakukan di rumah dengan perangkat nan seadanya. Setelah packing peralatan beres, bisa lanjut untuk dikirimkan!

Nah, jika Anda mau mengirimkan peralatan tanpa ribet pergi ke jasa ekspedisi, pakai aja BukaSend! Kurir bakal datang ke rumah Anda untuk jemput peralatan dan cuma-cuma lho!

Source review.bukalapak.com
review.bukalapak.com