17 Contoh Teks Persuasi Singkat Berbagai Tema Beserta Strukturnya

Trending 4 months ago

Dinda Silviana Dewi Feb 3, 2023 • 20 min read


Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Berbagai Tema

Sudah tahu apa itu teks persuasi? Di artikel Bahasa Indonesia kelas 8 ini, kita akan mengulas kembali mulai dari pengertian teks persuasi, ciri, struktur, hingga contohnya dalam berbagai tema.

--

Kamu pernah nggak mengajak teman kelasmu atau teman dekatmu untuk berkunjung ke suatu tempat, tapi bingung memilih kalimat yang tepat agar temanmu terbujuk dan bersedia? Mulai sekarang, nggak perlu bingung lagi, ya! Karena ada materi contoh teks persuasi yang akan mempermudah pemahamanmu. Yuk, simak 17 contohnya!

Pengertian Teks Persuasi

Apa itu teks persuasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasif atau persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan. Dengan demikian, teks persuasi dapat diartikan sebagai teks yang berisi ajakan terhadap seseorang untuk melakukan sesuatu dengan alasan yang meyakinkan.

Teks persuasi adalah teks yang berisi pernyataan-pernyataan yang mendorong seseorang untuk melakukan keinginan penulis. Perlu diketahui bahwa teks persuasi memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai perintah dan bujukan untuk meyakinkan pembaca dengan adanya data akurat yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu, teks persuasi juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada pembeli.

Tujuan Teks Persuasi

Baca Juga: Belajar Teks Persuasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan & Contoh

Ciri-Ciri Teks Persuasi

Ciri-ciri teks persuasi adalah sebagai berikut:

  1. menggunakan kalimat ajakan yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu; 

  2. menggunakan kata-kata yang dapat meyakinkan pembaca melalui   data yang akurat;

  3. menggunakan tanda baca seru (!) karena identik dengan kalimat  perintah yang harus dilakukan  oleh pembaca;

  4. menggunakan kata-kata yang mudah diingat sehingga dapat menarik minat pembaca. 

Struktur Teks Persuasi

Melansir Buku Sekolah Elektronik Kemendikbud Bahasa Indonesia Kelas VIII, teks persuasi disusun dengan menuliskan argumentasi berupa pendapat dari penulis. Selanjutnya, penulis dapat menyampaikan fakta, dan ditutup dengan ajakan untuk melakukan sesuatu.

Struktur Teks Persuasi

Baca Juga: Mengulas Pengertian Kalimat Persuasif, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya

Contoh Teks Persuasi

Berikut ini beberapa contoh teks persuasi dalam berbagai tema yang bisa menjadi bahan referensimu!

1. Contoh Teks Persuasi Bertema Kesehatan

Pengenalan isu:

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. 

Argumentasi:

Banyak sekali makanan yang mengandung gizi mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ajakan:

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Namun  sebaliknya, apabila enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Jadi, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Penegasan kembali:

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Yuhuuu... Sebelum lanjut ke contoh teks persuasi lainnya, udah tau belum ni kalo di roboguruplus, kamu bisa tanya soal atau materi, langsung ke Tutor terbaik pilihan Ruangguru. Yuk, coba langsung sekarang juga!

roboguru plus

2. Contoh Teks Persuasi Bertema Iklan

Pengenalan isu:

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki berbagai kandungan baik bagi tubuh. Kandungan kalsium dan protein yang terdapat pada susu memberikan manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Argumentasi:

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sebaiknya susu dikonsumsi dua gelas sehari Rutinitas mengkonsumsi susu dapat dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Ajakan:

Susu Milky Moo merupakan produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. 

Penegasan kembali:

Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

3. Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan


Ayo, Belajar Bahasa Daerah Indonesia!

Pengenalan isu:

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, mulai dari Jawa, Sunda, Minangkabau, Bugis, Madura, dan lain sebagainya. Sayangnya, bersumber dari Kompas.com, dalam rilisnya pada 21 Februari 2019, UNESCO mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, termasuk lebih dari seratus bahasa daerah di Indonesia.

Argumentasi:

UNESCO pun menyebutkan, sebanyak 200 bahasa mengalami kepunahan dalam 30 tahun terakhir dan 607 bahasa dalam status tidak aman. Selain itu, diperkirakan sekitar 3.000 bahasa lokal akan punah pada akhir abad ini.

Ajakan:

Bagaimana, sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah mulai punah. Oleh karena itu, ayo, kita lestarikan bahasa daerah di Indonesia! Kamu bisa mulai dari mempelajari bahasa daerahmu sendiri, menghargai bahasa daerah lain, hingga nantinya mempelajari bahasa daerah lainnya. Penegasan kembali:

Dengan begitu, bahasa daerah di Indonesia tidak punah pun adat dan budayanya.

4. Contoh Teks Persuasi Bertema Politik


Kenalilah Calon Perwakilan Rakyat Kalian Sendiri! Suara Kalian Berharga!

Pengenalan isu:

Kasus penetapan UU Cipta Kerja yang marak pada tahun lalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih aware dan berhati-hati dalam menggunakan hak suara kita pada saat pemilu dan perda agar tidak menyesal nantinya ketika suara kita tidak lagi didengarkan. 

Argumentasi:

Berdasarkan survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Study (CSIS) pada 15--22 maret 2019–sebulan sebelum pemilu dilaksanakan–hanya 44,8 persen responden yang mengaku sudah memiliki caleg pilihan mereka, sementara 18,7 persen mengaku akan memilih partai politik, dan sisanya 36,5 persen mengaku belum memiliki pilihan, baik untuk caleg maupun parpol. 

Dilansir dari kompas, menurut seorang peneliti CSIS, yaitu Anya Fernandez mengungkapkan bahwa hal ini bisa terjadi karena perhatian publik terlalu tersedot oleh pemilihan pilpres sehingga banyak masyarakat yang hanya berfokus untuk memilih calon presiden dan wakil presidennya dibandingkan pemilihan caleg. Hal ini terbukti dengan dari survei yang sama menunjukkan hasil bahwa hanya 14,1 persen responden yang belum memutuskan pada pemilihan pilpres. 

Di mana survei CSIS tersebut dilakukan terhadap 2000 responden dengan metode acak dan tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error lebih kurang 2,21 persen.

Ajakan:

Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk mengenal semua calon, karena seperti yang kita ketahui bahwa calon DPR, DPD, dan sebagainya sangatlah banyak sehingga waktu untuk mencari tahu profilnya satu per satu tidaklah efisien. 

Penegasan kembali:

Namun, kita sendiri juga perlu menyadari betapa penting dan berharganya hak suara kita tersebut demi perkembangan dan kemajuan negara kita.

5. Contoh Teks Persuasi Bertema Imbauan

Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. 

Argumentasi:

Banyak organisasi atau kelompok orang tidak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya dan  mengatasnamakan dinas sosial. 

Ajakan:

Maka, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

Penegasan kembali:

Oleh karena itu, masyarakat juga harus pandai dan melakukan verifikasi terlebih dahulu agar terhindar dari penipuan.

6. Contoh Teks Persuasi Bertema Pola Hidup

Pengenalan isu:

Pola hidup masyarakat di perkotaan saat ini banyak yang kurang diperhatikan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya rutinitas dan pekerjaan yang padat membuat gaya hidup masyarakat kota yang cenderung memiliki kebiasaan membeli makan makanan di luar rumah. 

Argumentasi:

Kebiasaan masyarakat kota yang lebih memilih jajan atau membeli lauk pauk di luar, daripada memasak sendiri dianggap lebih praktis. Sayangnya, sedikit orang yang menyadari kebiasaan membeli makanan di luar tidak bisa menjamin kehigienisan makanan.

Padahal, ada banyak kelebihan memasak masakan sendiri di rumah. Bumbu dan kebersihan makanan jadi lebih terjamin, dari segi kualitas bahan makanannya pun juga lebih berkualitas. Selain itu, memasak makanan sendiri bisa menghemat pengeluaran.

Ajakan:

Tentunya, mengubah pola hidup dengan memasak makanan sendiri tidaklah mudah. Namun, jika dibiasakan sedikit demi sedikit, itu akan membuat diri kita jadi lebih disiplin juga. Kita bisa mulai dengan membuat agenda harian, mencatat daftar belanjaan lauk-pauk selama beberapa hari, dan mempersiapkannya dalam wadah untuk di simpan dalam kulkas. 

Penegasan kembali:

Jadi, dapat menghemat waktu di kala padatnya rutinitas sehari-hari.

7. Contoh Teks Persuasi Bertema Hewan Peliharaan

Pengenalan isu:

Banyak orang yang memelihara kucing, tetapi tidak banyak yang tahu cara menangani kucing yang sedang sakit. Ada banyak penyakit pada kucing, selain karena masalah scabies, ada juga virus-virus yang mematikan. Salah satu virus mematikan pada kucing adalah virus demam distemper.

Argumentasi:

Gejala demam distemper ditandai dengan kejang otot, sesak nafas, mulut menganga, dan mengeluarkan liur. Secara tiba-tiba, kucing pun mengalami anoreksia, dimana mereka tidak mau makan ataupun minum. 

Ajakan:

Virus distemper sebenarnya dapat disembuhkan, jika langsung ditangani dan dibawa ke dokter hewan. Apabila tidak memungkinkan dibawa ke dokter, bisa juga disembuhkan sendiri dengan memberikan antibiotik. 

Penegasan kembali:

Oleh karena itu, agar kucing tidak mengalami virus mematikan ini, kucing dapat divaksin dan selalu menjaga kebersihan kandang.

8. Contoh Teks Persuasi Bertema Menanam Pohon

Pengenalan isu:

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil, saat ini, bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat drastis.

Argumentasi:

Hal ini tidak baik untuk bumi karena dapat menyebabkan pemanasan global serta mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak lima tanaman per orang.

Ajakan:

Pasti akan ada pertanyaan, “Bagaimana kalau tidak memiliki lahan?” Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot, misalnya menanam sayur-sayuran. Jadi, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menanam kaktus. Tanaman satu ini dapat pula dijadikan dekorasi rumah dalam ukuran yang kecil.

Penegasan kembali:

Tularkan kebiasaan baik ini pada teman-temanmu! Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi!

9. Contoh Teks Persuasi Bertema Pentingnya Sarapan

Pengenalan isu:

Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini dikuatkan oleh penelitian dari International Journal of Gastronomy and Food bahwa konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang akan dapat memberikan energi di pagi hari. 

Argumentasi:

Tidak hanya itu, tidak sarapan juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi. Menunda sarapan terus menerus saat bekerja tidak akan menghasilkan output yang maksimal. Terlebih untuk pelajar, tanpa sarapan akan membuat sulitnya menerima pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.

Ajakan:

Oleh sebab itu, makan pagi wajib hukumnya untuk setiap orang. Pekerja kantoran, pekerja rumahan, hingga para pelajar. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Tidak perlu juga makanan yang terlalu berat. Adapun porsi juga tidak perlu terlalu banyak.

Penegasan kembali:

Poin yang paling penting adalah tubuh terisi energi dan cukup kenyang di perut. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang akan memiliki bensin agar tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.

10. Contoh Teks Persuasi Bertema Kebiasaan Merokok

Pengenalan isu:

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meskipun sudah disediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat. Padahal, rokok yang berisi cacahan daun tembakau kering ini memiliki banyak bahan kimia, seperti nikotin, tar, dan masih banyak lagi.

Argumentasi:

Katanya, rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Tapi, itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik. Rokok juga dapat menjadi candu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang ditimbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, sebanyak 4.000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Ajakan:

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat, dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalisir segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain. 

Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara rokok.

Penegasan kembali:

Sayangi diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitar Anda dengan tidak merokok. Mari berhenti merokok!

Baca Juga: Belajar Struktur Fabel, Teknik Menulis, dan Contohnya, Yuk!

11. Contoh Teks Persuasi Bertema Kebersihan

Pengenalan isu:

Kita semua tahu betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan dan kenyamanan hidup. Tapi, ternyata masih banyak dari kita yang belum memahami betapa besar pengaruh kebersihan terhadap hidup kita.

Argumentasi:

Menjaga kebersihan lingkungan selain membuat hidup kita lebih sehat juga membuat kita lebih disiplin. Selalu menjaga kebersihan akan membuat kita terbiasa untuk menerapkan kerapian.

Selain itu, menjaga lingkungan yang bersih juga membantu meminimalisir terjadinya bencana seperti banjir.

Ajakan:

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama memulai gerakan kebersihan lingkungan. Mulailah dengan memastikan bahwa lingkungan rumah dan sekitarmu selalu bersih. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan lupa untuk membersihkan lingkungan setelah melakukan aktivitas.

Penegasan kembali:

Langkah-langkah kecil seperti ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kenyamanan hidup kita. Ajak juga teman dan keluargamu untuk turut berpartisipasi dalam gerakan kebersihan ini. Bersama-sama, kita dapat membuat lingkungan kita menjadi lebih bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali. Mari kita lakukan sekarang juga!

12. Contoh Teks Persuasi Bertema Keluarga

Pengenalan isu:

Keluarga adalah salah satu hal terpenting dalam hidup kita. Mereka selalu ada untuk memberikan dukungan dan kasih sayang pada saat kita membutuhkannya. 

Argumentasi:

Namun, seringkali kita lupa untuk memberikan perhatian dan memperkuat ikatan dengan keluarga kita. Saat kita terlena dengan kesenangan bersama teman-teman, kadang kita jadi mengesampingkan keluarga. Padahal, di saat kita berada di titik paling rendah dalam hidup, keluargalah yang pertama kali akan ada untuk kita. Mungkin hal ini tidak dialami oleh semua orang, tapi, idealnya seperti itu.

Ajakan:

Mari kita mulai memperkuat ikatan keluarga dengan meluangkan waktu bersama mereka setiap hari. Buatlah tradisi baru seperti makan malam bersama setiap minggu atau berlibur bersama setiap tahun. Jangan lupa untuk selalu menunjukkan rasa sayang dan perhatian pada setiap anggota keluarga.

Penegasan kembali:

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini, kita dapat memperkuat ikatan keluarga dan membuat mereka merasa dicintai dan diterima. Ini akan membantu membangun rasa kebahagiaan dan kedamaian dalam diri setiap anggota keluarga. Jangan ragu untuk memulai sekarang juga!

13. Contoh Teks Persuasi Bertema Gotong Royong

Pengenalan isu:

Gotong royong berarti bekerja sama dan membantu satu sama lain. Dengan cara ini, kita bisa mencapai tujuan yang lebih besar dan membuat lingkungan lebih baik serta mempererat hubungan dengan teman dan keluarga.

Argumentasi:

Selain itu, gotong royong sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dulu. Pasalnya, dari zaman dahulu hingga saat ini, bangsa Indonesia masih menerapkan budaya kolektif, bukan individual.

Ajakan:

Ayo mulai terlibat dalam budaya gotong royong. Ajaklah teman dan keluarga untuk bergabung dalam aktivitas seperti membersihkan lingkungan atau membantu tetangga.

Penegasan kembali:

Dengan bekerja sama, kita bisa membuat lingkungan lebih baik dan mempererat hubungan dengan teman dan keluarga. Jangan ragu untuk mulai sekarang, dan rasakan kebahagiaan dan kepuasan melalui aktivitas gotong royong bersama.

14. Contoh Teks Persuasi Bertema Persahabatan

Pengenalan isu:

Selain keluarga, sahabat adalah orang-orang yang seharusnya kita jaga. Kita bisa temukan teman yang selalu ada untuk kita baik saat senang maupun saat sedih, mendapatkan dukungan dan kebahagiaan, serta membuat kenangan yang indah yang tak terlupakan.

Argumentasi:

Tidak mudah untuk menemukan persahabatan, tetapi setelah kita menemukannya, kita harus jaga dengan baik. Berbagi cerita, membantu satu sama lain, dan selalu ada untuk satu sama lain dapat membuat persahabatan kita semakin kuat.

Ajakan:

Jangan takut untuk memulai persahabatan baru. Kadang-kadang kita harus berani mengambil risiko untuk menemukan teman baru yang akan menjadi bagian hidup kita selamanya. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri dan terbuka pada orang lain.

Penegasan kembali:

Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk membangun persahabatan yang kuat dan abadi. Jadilah teman yang baik bagi orang lain dan nikmati persahabatan yang indah dan tulus selama kita bisa.

15. Contoh Teks Persuasi Bertema Menabung

Pengenalan isu:

Mempersiapkan masa depan dengan matang dari sekarang adalah langkah yang tepat. Salah satunya adalah dengan menabung. Dengan menabung, kita dapat memastikan bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan hidup kita di masa yang akan datang. Apakah itu untuk membeli rumah, membiayai studi, atau mempersiapkan dana pensiun, menabung akan membantu kita mencapai tujuan keuangan kita.

Argumentasi:

Menabung tidak harus menjadi hal yang sulit. Mulailah dengan membuka rekening tabungan dan menyisihkan sedikit uang setiap bulan. Atau, mulailah dengan mencatat pengeluaran harian kita dan mencari cara untuk menghemat uang. Setelah beberapa waktu, kita akan melihat bahwa uang kita sudah menumpuk dan kita dapat mengalokasikan uang tersebut untuk tujuan menabung kita.

Ajakan:

Jangan tunda menabung. Mulailah sekarang juga. Tak peduli berapa besar uang yang kita tabung setiap bulan, setiap sedikit uang yang kita tabung akan membantu kita mencapai tujuan keuangan kita di masa depan. Nikmati proses menabung dan lihatlah bagaimana uang kita tumbuh dari waktu ke waktu.

Penegasan kembali:

Oleh karena itu, jangan menunda masa depan kita. Mulailah menabung sekarang juga dan nikmati kebahagiaan yang didapat dari memiliki dana yang cukup untuk masa depan kita.

16. Contoh Teks Persuasi Bertema Pentingnya Pendidikan

Pengenalan isu:

Pendidikan tidak hanya memberikan kita pengetahuan dan keterampilan, namun juga membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses. Melalui pendidikan, kita dapat mempelajari hal-hal baru, memperluas wawasan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Argumentasi:

Pendidikan juga membantu kita mempersiapkan diri untuk masa depan. Melalui pendidikan, kita dapat mempersiapkan diri untuk pekerjaan yang baik, memahami dunia yang ada di sekitar kita, dan mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah yang akan kita hadapi nantinya.

Ajakan:

Jangan takut untuk terus belajar. Terkadang kita merasa nyaman dengan pengetahuan yang kita miliki, namun tidak ada salahnya untuk terus memperluas wawasan dan mempelajari hal-hal baru. Belajarlah untuk hidup dan terus belajar sepanjang hidup.

Penegasan kembali:

Jangan biarkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang baik terlewatkan. Pendidikan adalah hal terpenting yang dapat kita miliki dan akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses. Jadilah orang yang selalu ingin belajar dan terus tumbuh.

17. Contoh Teks Persuasi Bertema Kurangi Konsumsi Gula

Pengenalan isu:

Pentingnya mengurangi asupan gula dapat dilihat dalam kesehatan kita. Gula memang memberikan energi cepat, tapi juga menyediakan kalori tidak sehat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kegemukan, diabetes, dan masalah jantung.

Argumentasi:

Menekan konsumsi gula mungkin terdengar sulit, namun berkomitmen untuk melakukannya akan memberikan dampak besar bagi kesehatan kita. Caranya mudah, mulai dari membaca label makanan dan minuman, mengurangi makanan dan minuman manis, dan mencari alternatif sehat seperti buah-buahan dan madu alami.

Ajakan:

Jangan takut untuk memulai perubahan ini. Setelah beberapa saat, kita akan merasakan perbedaan positif dalam kesehatan dan energi kita. 

Penegasan kembali:

Segera mulai mengurangi konsumsi gula dan rasakan perbedaannya sendiri.

--

Itulah tadi ulasan materi tentang contoh-contoh teks persuasif dalam beberapa tema. Mudah-mudahan dapat  membantu kamu untuk lebih memahami materi, ya! Yuk, ketahui penjelasan tentang contoh teks lainnya ditemani video pembelajaran seru hanya di ruangbelajar!

ruangbelajar

Referensi:

Contoh Teks Persuasi [daring]. Tautan: Contoh Teks Persuasi Lengkap dengan Strukturnya (bsi.today) diakses pada 26 Mei 2022.

Contoh-Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan [daring]. Tautan: Contoh-Contoh Teks Persuasi Bertema Pendidikan - Bobo (grid.id) diakses pada 26 Mei 2022.

Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas 8 [daring]. Tautan: Buku Sekolah Elektronik (kemdikbud.go.id) diakses pada 26 Mei 2022.

Contoh Teks Persuasi [daring]. Tautan: https://www.mapel.id/contoh-teks-persuasi/ diakses pada 27 September 2022.

Artikel ini telah diperbarui oleh Adya Rosyada Yonas pada 3 Februari 2023.

Profile

Dinda Silviana Dewi

Source ruangguru.com
ruangguru.com